Thursday, November 22, 2007

4 SEHAT 5 SEMPURNA” – MURID atau PENGIKUT?

Oleh Ps Dr Marganti Sihite

Matius 5: 48 berkata ”Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.".

Tujuan akhir Tuhan Allah Bapa terhadap setiap anak2NYA adalah untuk membuat mereka menjadi sempurna didalam setiap aspek kehidupan mereka. Kenapa? Karena Bapa Sorgawai kita sempurna dan Dia ingin anak2NYA juga sempurna. Kata sempurna itu adalah kata yang mempunyai nilai yang tinggi.

Judul artikel yang saya tulis ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan perlu diketahui bahwa terminologi “4Sehat 5 Sempurna” ini sungguh unik dan hanya ada dan dipakai di Indonesia saja. Memang orang Indonesia itu paling jagoan kalau yang berurusan dengan ide kata-kata.
Tahun 1970an saat-saat masa transisi dari pemerintahan orde lama ke orde baru, masyarakat Indonesia pada waktu itu dilanda dengan masalah gizi buruk atau kurang gizi. Pada waktu itu Prof. Purwo Soedarmo, Bapak Ilmu Gizi Indonesia, membuat sebuah pernyataan yang sekarang menjadi populer yaitu ”4 Sehat 5 Sempurna”. Beliau mengatakan untuk sehat secara jasmani, manusia itu memerlukan 4 hal setiap hari yaitu: Makanan pokok (Nasi), Sumber protein (Daging), Sayur Mayur, Buah2an dan kalau manusia itu ingin sempurna harus ditambah dengan susu.

Didalam kehidupan kerohanian, kita juga perlu adanya 4 sehat 5 sempurna Kita dipanggil bukan hanya untuk menjadi pengikut Kristus tetapi kita dipanggil menjadi murid Kristus yang sejati. Sewaktu Tuhan Yesus memilih ke 12 muridNYA, satupun diantara murid2 tersebut tidak ada yang sempurna didalam hidupnya, tetapi mereka semua diubah dan diproses luar dalamnya menjadi murid yang sempurna. Tuhan Yesus memilih 12 orang menjadi muridNYA dan mengubah dunia melalui mereka. Seorang Murid adalah seorang yang sangat spesial dimata Tuhan. Selama 3 ½ tahun Tuhan Yesus memberikan hidupNYA kepada murid2NYA. Dia mengajarkan mereka Pengajaran2 Khusus yang sangat praktis dan sederhana agar mereka bisa hidup sesuai dengan nilai-nilai Kerajaan Allah. Kepada murid2NYA Dia memberitahukan Rahasia Kerajaan Allah. Ini adalah hal yang sangat istimewa dimana mereka bisa mengetahui segala rahasia Kerajaan Allah. Sebelum Tuhan Yesus kembali ke Surga, Dia memberikan Kuasa Sorgawi kepada setiap murid2NYA agar mereka bisa pergi dan menjadikan semua bangsa2 muridNYA. Hanya seorang murid yang punya persyaratan untuk bisa menjadikan bangsa2 muridNYA. Saya katakan kepada jemaat Tuhan dan kepada orang2 yang saya muridkan bahwa selain memiliki Alkitab mereka juga harus memiliki Pasport. Kalau mereka belum memiliki pasport maka mereka belum layak disebut sebagai murid Kristus. Kita tidak bisa pergi ke bangsa2 dengan menggunakan KTP atau Kartu Keluarga kita. Pasport adalah persyaratan utama agar kita bisa masuk ke sebuah negara.

Setelah perjalanan misi ke Papua tahun 2006 dengan tim City Blessing, Tuhan berbicara kepada saya untuk membawa 12 orang papua, memuridkan dan menyekolahkan mereka di perguruan tinggi di Jakarta, supaya setelah selesai mereka bisa kembali ke tanah papua dan menjadi pemimpin yang takut akan Tuhan didaerah mereka. Saat ini saya baru memiliki 2 orang papua untuk dimuridkan yang sekarang ada tinggal di rumah saya dan sekolah di perguruan tinggi ilmu komputer. Saya percaya Tuhan akan memberikan yang 10 orang lagi di tahun 2007 ini. Nama kedua orang ini adalah Delius dan Lentius (Seperti terlihat didalam foto).















Mereka adalah murid2 Kristus yang sudah bertobat, terlibat didalam pelayanan gereja lokal kami dan sungguh2 ingin mencapai pendidikan yang tertinggi yang bisa mereka capai. Saya hanya mau taat dengan apa yang Tuhan suruh saya lakukan. Walaupun costnya tinggi tetapi kalau Tuhan yang suruh, saya hanya mau taat. Tugas kita hanya menanam dan menyiram tetapi Tuhan Allah yang memberikan pertumbuhan. Kita sekarang tidak tahu apa yang terjadi di hari-hari mendatang. Tetapi kalau kita mau taat dan setia memuridkan orang2 yang Tuhan beri, siapa tahu suatu saat orang2 ini akan menjadi Billy Graham2 atau President2 atau Gubernur2 atau Konglomerat2 untuk Tuhan. Moto saya dalam menggembalakan adalah DISCIPLE THE FAITHFUL, PASTOR THE UNFAITHFUL

Saya percaya bahwa untuk sehat secara rohani setiap murid Kristus harus memiliki 4 hal yaitu:

1. Waktu DOA pribadi dengan Tuhan,
2. Merenungkan FIRMAN TUHAN bukan hanya membacanya,
3. Menjadi SAKSI Kristus didunia ini.
4. Hidup oleh IMAN bukan oleh penglihatan
5.
dan kalau setiap murid Kristus ingin sempurna dalam hidupnya maka dia harus tertanam di sebuah GEREJA LOKAL dimana Tuhan tempatkan. Karena melalui GerejaNYA akan keluar pengajaran2 untuk memiliki hidup yang saleh dimana karakter dan integritas seorang murid Kristus dibentuk menjadi sempurna seperti Bapa Sorgawi.

”Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.” I Kor 13:10

No comments: